Bangunan Cagar Budaya Di Kabupaten Lebak Akan Segera Direvitalisasi, Termasuk Rumah Multatuli

Chibernews.com. Lebak Banten-Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lebak akan merevitalisaai tiga Bangunan Cagar Budaya (BCB) yang berada di  Kabupaten Lebak Banten, kondisinya yang telah lapuk dan memperihatinkan.27/01/21

Menurut Kepala Museum Multatuli Dinas pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) kabupaten Lebak, Ubaidilah membenarkan bahwa pada tahun ini pemerintah aka melakukan revitalisasi pada tiga bangunan BCB yang ada di Kabupaten Lebak.

Adapun ke tiga BCB itu adalah BCB eks rumah Douwes Dekker atau Rumah Multatuli yang terletak di belakang RSUD dr. Adjidarmo Rangkasbitung yang kedua adalah BCB eks penampungan air atau toren yang berada di makam taman pahlawan Sirna Rana dan di Kecamatan Warunggunung.

“Hasil kajianya revitalsiasinya oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) sudah ada, tinggal pelaksanaannya saja,” ujar Ubaidilah.

Lebih jelas Ubaidillah upaya revitalisasi BCB diperlukan, karena kondisi ke tiga BCB itu sudah sangat memperihatinkan dan perlu penanganan secepatnya dengan kondisi yang paling parah adalah BCB eks rumah Douwes Dekker, karena bangunanya sudah banyak yang rapuh.

“Iya, kalau revitalisasi BCB eks rumah Douwes Dekker memang perlu disegera  Karena, kondisi bangunannya sudah rusak. tukasnya.(red BM)

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *