Demi Mendorong Perekonomian Rakyat Pemkab Sumenep Adakan Festival Srikaya

Chibernews.co.id, Sumenep,– Calendar of Event 2024 melalui Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kab. Sumenep mengadakan Festival Srikaya yang berlangsung di Taman Jajanan Masyarakat (Tajamara) jalan Trunojoyo, Sumenep, Madura, berlangsung meriah, Kamis (4/4/2024) malam.

Dalam pagelaran Festival Srikaya nampak dihadiri Wakil Bupati Sumenep Hj. Kholifah dan beberapa Kadis (Kepala Dinas) yang berada di kabupaten sumenep.

Wakil Bupati Sumenep Hj. Kholifah mengatakan, festival tersebut harus diselenggarakan di kota keris ini. Mengingat, buah srikaya tumbuh besar di Sumenep.

Dan menurut dia, buah srikaya tidak sembarang tumbuh meskipun mudah menanamnya. Tanah harus cocok. Sumenep merupakan daerah yang cocok ditanami buah tersebut.

Tujuan dari festival ini adalah untuk mendorong perekonomian masyarakat yang memiliki buah srikaya.

Kita terus dorong agar buah srikaya terus tumbuh besar di kabupaten yang kita cintai ini,” ujarnya.

Kegiatan serupa direncanakan menjadi agenda tahunan di Kabupaten Sumenep, tepatnya setiap musim penen buah srikaya.

Dia berharap, buah srikaya tidak hanya dimakan pada saat panen. Melainkan, bisa dijadikan olahan yang menjadi hak paten khas Sumenep.

Sementara itu, Kepala Disbudporapar Sumenep Mohammad Iksan memaparkan, tidak hanya dijadikan festival. Melainkan juga dikemas dengan lomba yang melibatkan OPD, Kecamatan dan Masyarakat umum.

Peserta yang mengikuti lomba makan buah srikaya sebanyak 60 orang,” paparnya

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *