Yang Lain Tutup Mata, Perkumpulan Urang Banten (PUB) Terus Bantu Pengungsi Cigobang

Chibernews.com, Lebak, Banten – Untuk kesekian kalinya Jajaran pengurus Perkumpulan Urang Banten wilayah Kabupaten Lebak Memberikan Bantuan Sekaligus meninjau Lokasi Relokasi Huntara ke Hunian Tetap (23/11/2020).

Setelah Pemerintah Kabupaten Lebak menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Kementerian Koordinator Bidang Bidang Kemaritiman dan Investasi, BNPB, Perhutani, TNGHS, Hutbun Provinsi Banten, Kementerian LHK, BPN Banten dan BPN Lebak. Maka untuk menjadi lokasi pembangunan Huntap (Hunian Tetap) adalah Blok Cikantor Desa Banjarsari Kecamatan Lebakgedong.

Di blok tersebut terdapat empat titik yang diusulkan dengan masing-masing luasnya yakni titik pertama 15.766 M², kedua 20.049 M², ketiga 18.962 M² dan terakhir 9.899 M².

Sekum PUB (Perkumpulan Urang Banten ) Lebak Dede Sudiarto, S.Pd, MM yang memimpin langsung peninjauan ke lokasi Bakal Hunian tetap yang berdekatan dengan lokasi huntara 4 saat ini, didampingi Bendum ki Rouf Nahrudin, S.Pd,MM, serta Pengurus lain nya Ki Hikmat, dan Ki Jely Sadeli. Sekum juga meminta agar selain legalitas tanah yang akan di jadikan Huntap harus benar benar clear, namun juga pemilihan titik lokasi harus mendapatkan penguatan kajian Geologis, agar struktur tanah dan batuan yang akan dijadikan hunian tetap tidak mengalami longsor sebagaimana yang sudah terjadi. Bahkan bila perlu gunakan juga kajian meteorologi dan klimatologi mengenai dampak arah dan kecepatan angin.

Jika hasil kajian geologis di wilayah tersebut tidak sepenuh nya menjamin bebas dari longsor, namun minimal ada hasil analisa bahwa lokasi tersebut merupakan daerah paling minim analisa dampak longsor dibanding titik lain di wilayah tersebut “ujar Ki Dede”.

PUB Lebak akan terus membantu dan mendorong sampai terciptanya Hunian tetap bagi korban longsor dan banjir di desa banjarsari, kecamatan Lebakgedong. semua stakeholder harus bersinergi untuk membantu sodara kita di cigobang tersebut.

 

Jurnalis : (Firmansyah)

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *