Wisata Air terjun Andabia Kabupaten Konawe

CHIBERNEWS.COM, Konawe, SULTRA – Destinasi Wisata disultra sangatlah beragam yang membuat masyarakat terpikat dan ingin terus mengunjunginya beberapa kali dengan keindahan alam yang begitu mempesona dimasyarakat.

Pada edisi hari ini, Selasa, 29 September 2020, team chibernews.com berkesempatan untuk melakukan perjalanan disalah satu tempat wisata yang sering dikunjungi masyarakat, yaitu air terjun Andabia yang letaknya berada di desa anggaberi, Kecamatan Anggaberi, kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Bacaan Lainnya

Perjalanan dari Unaaha menuju lokasi kurang lebih 18 km dengan menempuh jarak kurang lebih *38* menit, dan dapat diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Ketika masuk dikecamatan Anggaberi akan disuguhkan pemandangan indah yang dilihat olah mata, dimana sepanjang perjalanan titik air menuju lokasi objek wisata terdapat *sawah* menuju air terjun Andabia. Biaya masuk ke lokasi ini adalah *10 ribu* Perkendaraan tetapi disebabkan oleh kondisi pandemi covid -19 saat ini, pemerintah setempat memberikan izin masuk gratis untuk mengunjungi lokasi ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan lengkap. Dari titik *gerbang* anda dapat menggunakan kendaraan baik mobil atau motor untuk sampai ke air terjun Andabia. Akses jalan yang mudah membuat objek wisata ini sering dikunjungi masyarakat sebelum adanya pandemi covid seperti saat ini.

memutuskan untuk membawa kendaraan roda dua harus mempertimbangkan lebih dulu apabila cuaca dalam kondisi hujan seperti saat ini dimana cuaca sering berubah dan tidak menentu dan sebab medan jalannya tanah berbatu dan curam.

Air terjun Andabia masih berada dalam kawasan hutan yang alami, aliran airnya yang sangat jernih dan dingin. Selain itu, tidak terdapatnya anak tangga untuk mencapai titik air jatuh membuat akses naik ke lokasi air terjun harus melalui jalan setapak yang berbatu pendakian yang alami sehingga sehingga kendaraan tidak dapat masuk, tetapi harus dengan berjalan kaki.

Selain itu, air terjun Andabia memiliki ketinggian kurang lebih *50 meter*, dan debit airnya cukup deras yang langsung jatuh ke dasar air yang memecah keheningan hutan. Sementara itu, adanya kolam air diatas air terjun dengan melalui jalanan tanjakan kekolam air tersebut, dan kolam air ini digunakan sebagai tempat bermain air dengan ketinggian air yang cukup dangkal.

Meksipun begitu bagi mereka yang tertarik bahkan hobi berfoto akan mengabadikan momen diobjek wisata dan memang lokasi ini begitu bagus dan strategi s untuk dijadikan sebagai tempat mengabadikan momen khususnya bersama keluarga tercinta dan dapat memenuhi kebutuhan media sosial anda dengan suasana masih begitu asri dan alami serta panorama alam yang indah.

Bagi warga yang ingin berkunjung ke lokasi ini, harus memperhatikan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah plastik, maupun sampah sisa makanan dikawasan air terjun Andabia, ini demi menjaga kebersihan, dan keberlangsungan kawasan wisata tersebut.

Penulis : (Juharni)
Editor : (Angga Ronanda)

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *