Untuk Kedua Kalinya Tambang Pasir Darat Tak Berizin Di Ciseke, Rangkasbitung Disegel Satpol PP Lebak

Chibernews.com, Lebak, Banten – Penambangan pasir darat yang tak berizin, di Kampung Ciseke, Desa Jatimulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten di segel oleh Polisi pamong praja (Pol.pp) Kabupaten Lebak. Terlihat stiker berwarna kuning bertulisan ‘segel ‘ dipasang oleh petugas Satuan polisi pamong praja (Satpol.pp) di lokasi penambangan yang tak berizin tersebut. Senin (30/11/2020)

Kasat Pol PP Lebak, Dartim menyebutkan penyegelan tersebut merupakan tanda penghentian kegiatan penambangan dan menyegel lokasi tambang pasir darat lantaran tidak memiliki izin.

“Penyegelan ini dilakukan karena selain merusak lingkungan dan jalan, para pengelola juga tidak dapat menunjukan dokumen perizinan yang sesuai dengan aktivitas tersebut,” katanya saat ditemui di Mako Pol PP Lebak, Senin (30/11/2020).

Ia menyebutkan, aktivitas tambang pasir darat tersebut diduga telah melanggar pasal 7 ayat 3 Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2015 tentang penyelenggaraan perizinan dan non perizinan.

“Ini sudah yang kedua kalinya kita lakukan penghentian terhadap aktivitas tambang pasir darat tersebut,” katanya.

Menurutnya, penghentian pertama itu merupakan peringatan atas aktivitas tambang pasir untuk segera melakukan perizinan sesuai dengan kegiatannya.

“Kita pernah hentikan, tapi ternyata setelah dilakukan kembali pengecekkan izinnya belum juga di urus,” katanya.

Padahal dalam peringatan pertama kata dia, pihak penegak perda telah melayangkan surat peringatan tidak kembali melanjutkan aktivitas tersebut sebelum izin tambang pasir di urus.

“Kita sudah tutup sampai pemilik tambang pasir tersebut mengurus izin, namun diam-diam mereka tetap melakukan aktivitas tersebut, dan kita baru dapat laporan kembali dari masyarakat, langsung kita segel untuk kedua kalinya,” katanya.

Ia menambahkan, jika aktivitas tambang tersebut masih beroperasi tanpa izin yang jelas, maka pihaknya akan menindak tegas pelaku penambangan pasir darat, dengan memberhentikan total seluruh aktivitasnya.

“Untuk yang ketiga kalinya, kita akan berhentikan total,” tegasnya.

 

Jurnalis :(Angga.R)

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *