Unik! Sejumlah Rider MXGP Diarak Keliling Kota oleh Ribuan Masyarakat Sumbawa Gunakan Puluhan Dokar

Unik! Sejumlah Rider MXGP Diarak Keliling Kota oleh Ribuan Masyarakat Sumbawa Gunakan Puluhan Dokar
Unik! Sejumlah Rider MXGP Diarak Keliling Kota oleh Ribuan Masyarakat Sumbawa Gunakan Puluhan Dokar

Chibernews.co.id, Sumbawa Besar – Ribuan masyarakat Sumbawa antusias mengarak Rider MXGP menggunakan 20 Dokar atau Cidomo, Sabtu (25/06/2022).

Dari pantauan media ini di lokasi terlihat para pembalap antusias menaiki kendaraan yang digerakan menggunakan kuda tersebut. Tidak ketinggalan mereka secara pribadi atau oleh tim dokumentasinya mengabadikan momentum yang mungkin tidak mereka dapat di tempat lain.

Bacaan Lainnya

Semua rangkain itu berjalan dengan aman dan lancar berkat pengaman yang dilakukan oleh Kepolisian.

Ribuan masyarakat turun menyambut Welcome Ceremony MXGP Samota Sumbawa. Nampak para Rider dan Tim di arak keliling Kota menggunakan 20 Dokar/Cidimo.

Unik! Sejumlah Rider MXGP Diarak Keliling Kota oleh Ribuan Masyarakat Sumbawa Gunakan Puluhan Dokar

Dokar/Cidomo merupakan moda transportasi tradisional di Kabupaten Sumbawa Hal ini menjadi sisi yang menarik bagi para rider dan warga Sumbawa. Dengan melewati rute dalam kota mulai dari Kantor Bupati Sumbawa, Jalan Diponegoro Jalan Yos Sudarso, Setiabudi kemudian melewati depan pasar seketeng, belok kanan Simpang Blok M dan berakhir di istana dalam Loka mendapatkan sambutan hangat dan antusias warga Sumbawa.

Tak hanya tiba di Istana di dalam Loka, para rider juga disuguhkan atraksi Karaci Kakiang oleh Ketua IKLS Abdul Rafiq yang juga Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa bersama Sahabuddin S.Sis M.Si., Kasatpol PP Sumbawa.

Atraksi Karaci ini membuat para rider penasaran dan ingin mencoba. Tampak para rider memakai perlengkapan Karaci dan sesama mereka melakukan pukulan dan spontan ini menjadi hiburan yang sangat menarik bagi warga Sumbawa.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol. Artanto, S.IK., M.Si mengatakan bahwa ratusan personil kepolisian diterjunkan dalam pengamanan pawai penyambutan pembalap MXGP Samota 2022.

“Ratusan personil kita siagakan mengamankan pawai penyambutan pembalap,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pengawalan dilakukan mulai dari lokasi pelapasan rombongan, sepanjang jalur yang dilalui, hingga titik terakhir di Istana Tua Dalam Loka.

Sementara Ketua IKLS Sumbawa, Abdul Rafiq menyatakan bahwa pihaknya menyambut dengan gembira kehadiran para rider di Kabupaten Sumbawa. Selain itu, dengan Kehadirannya di Kabupaten Sumbawa diharapkan membawa angin segar bagi dunia olah raga (Sport tourism) dan perekonomian masyarakat serta pembangunan di Kabupaten Sumbawa.

“Tadi kita mendengar dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Bapak Zainuddin Amali bahwa rencananya Event MXGP ini akan digelar selama lima tahun dan memuji keadaan sirkuit Rocket Motor Samota sebagai one the best sirkuit,”katanya.

Dan tentunya kata dia, sudah terbayang bagaimana agar pelaksanaan MXGP ini semakin tahun semakin baik dari sisi persiapan, penyelenggara dan fasilitas pendukung di Kabupaten Sumbawa seperti sarana prasarana olahraga, transportasi, jasa penginapan, logistik, kuliner dan UMKMnya.

“Bersama para rider, Kami tadi menaiki Dokar, dan sambutan Warga Sumbawa sungguh luar biasa. Mereka sangat antusias menyambut dan para rider / Pembalap sangat senang dan tersenyum bahagia dengan penerimaan Warga Sumbawa, tentunya ini memberikan kesan yang baik,”tuturnya.

Rafiq juga mengucapkan terimakasih kepada Forum Komunikasi Lintas Etnis (FKLE) yang turut serta bersama sama mendukung welcome Ceremony MXGP.

Rapiq pun berharap di imasa yang akan datang tentu akan lebih meriah lagi setelah melihat bahwa momentum ini adalah momentum bersama dengan menampilkan khas daerah masing-masing.

“Ikatan Keluarga Lombok-Sumbawa (IKLS) telah memulainya dan menindaklanjuti dari semangat NTB memulai pergelaran Internasional dan siap mensupport kegiatan MXGP agar berjalan tertib dan aman,”katanya lagi. *(Yuni Asri)

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *