Polda Banten Tetapkan 14 Orang Status Tersangka Saat Demonstrasi Mahasiswa,  

Chibernews.com,Serang Banten – Ditreskrimum Polda Banten telah menetapkan status tersangka terhadap 14 orang yang telah diamankan dalam aksi unjuk rasa di depan kampus UIN SMH Serang pada Selasa, (06/10/2020) lalu.Hal itu disampaikan Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi yang didampingi Wadirreskrimum Polda Banten AKBP Dedi Supriadi saat press conference di lobby Mapolda Banten, Kamis (08/10/2020).

Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Fiandar melalui Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan bahwa dari 14 orang  yang diamankan, berdasarkan penyelidikan, pemeriksaan dan bukti yang cukup serta hasil gelar perkara ditreskrimum Polda Banten telah menetapkan  14 orang sebagai tersangka yang telah memenuhi unsur-unsur dalam melakukan Tindak pidana.
“Setelah waktu 1 x 24 jam, kami dari Polda Banten berhasil menetapkan status tersangka kepada 14 orang yang kami amankan saat demonstrasi mahasiswa kemarin,” ucap Edy Sumardi.
Lanjut, Edy Sumardi juga mengatakan bahwa dari 14 orang yang sudah ditetapkan sebagai Tersangka, 1 orang tersangka dilakukan penahanan inisial BS,18 Tahun,mahasiswa STIE Banten dan 13 Orang tidak dilakukan penahan.
 Edy Sumardi mengatakan dari 14 orang Tersangka tersebut 1 orang inisial BS dilakukan penahanan karena melanggar pasal 351 KUHP dengan ancaman pidana  lebih dari 5 tahun, Sedangkan 13 orang yang tidak dilakukan penahanan dengan pertimbangan ancaman hukuman dibawah 5 tahun
adapaun nama nama yang sudah ditetapkan sebagai tersangka masing masing OA (22 , Mahasiswa dikenakan pasal 212 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 1 tahun 4 bulan selanjut nya 8 Orang dikenakan Pasal 218 KUHP ancaman Hukuman 4 bulan penjara berinisial MNG, RN, DR, NA,AK,FS,MZS,FF dan 4 Pelajar SLTA dengan inisial RR,MI,MF,MM dikenakan UU No 4/1984 tentang Wabah Penyakit dengan ancaman hukuman 1 tahun penjara.
dari 13 Tersangka yang tidak dilakukan penahanan tersebut dikenakan wajib lapor pada hari senin dan kamis.Edy sumardi menambahkan Berkas perkara terhadap 14 orang tersangka tersebut di buat 4 Berkas Perkara yang SPDP nya telah diterima oleh Jaksa Penuntut Umum.
Sementara itu Wadir Reskrimum Polda Banten Akbp Dedi Supriyadi mengatakan untuk 13 telah dikembalikan kepada orangtua dan civitas akademi agar dilakukan pembinaan.
Dari Seluruh 14 tersangka ini, 4 orang merupakan pelajar SLTA,  8 orang Mahasiswa dan 2 orang pedagang. Peran di lokasi kejadian, ikut melakukan pelemparan kepada petugas yang berusaha melakukan himbauan karena batas waktu.

Editor.:(Redaksi) 

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *