PMI Sumenep, Tingkatkan Pelayanan Kebutuhan/Ketersediaan Stok Darah Masyarakat

Chibernews.co.id, Sumenep,— PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Sumenep terus berbenah guna tingkatkan pelayanan kebutuhan masyarakat baik itu sarana dan prasarana ketersediaan stok darah di PMI Sumenep, Madura, Jawa Timur, (23/5).

Sehubung dengan minimnya Stok darah PMI Kabupaten Sumenep, dan meningkatnya kebutuhan masyarakat, Ketua PMI Sumenep Ir. Edy Rasiyadi M.Si, mengatakan, bahwa stok darah di PMI Sumenep terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat PMI Sumenep melakukan langkah konkrit menjaring pendonor sukarela, baik dari kalangan TNI/Polri, masyarakat, dan mahasiswa.

“Kami terus lakukan kerjasama dan komunikasi bersama TNI/Polri, masyarakat pada umumnya yang ada di Sumenep untuk mendapat pendonor sukarela,” Kata Ketua PMI Sumenep Ir. Edy Rasiyadi M.Si, Rabu (22/5/2024).

Menurutnya, kebutuhan stok darah di Sumenep meningkat setiap tahunnya, Jika tahun sebelumnya kebutuhan stok darah mecapai 600 kantong, tahun sekarang 2024 meningkat menjadi 800 kantong darah. Selanjutnya, untuk menangani hal tersebut, pihaknya berupaya untuk menjalin hubungan kerjasama dengan PMI Surabaya untuk menyediakan stok darah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Untuk memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat, kami jalin kerjasama dengan PMI Jawa Timur, ” Tuturnya.

Ia menambahkan, untuk memenuhi ketersediaan stok darah di Sumenep, pihaknya memperluas jaringan ke sejumlah kampus di sumenep dan kalangan pesantren yang sudah di kategorikan dewasa untuk mendarma baktikan, diri, jiwa, dan raga sebagai bentuk rasa sosial untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kami perluas lagi jaringan ke pesantren dan remaja atau pemula dengan katagori dewasa, ” Imbuhnya.

“Selain berupaya mencari jaringan pendonor darah, Edy Rasiyadi, juga berupaya untuk terakreditasinya PMI Sumenep dengan mendatangkan tim PMI Jawa Timur untuk melakukan pembenahan dan perbaikan, ” ungkapnya.

Pihaknya juga berharap kepada masyarakat untuk suka rela mendonorkan darah, baik bagi pemula yang sama sekali tidak pernah mendonorkan darahnya maupun yang sudah rutin mendonorkan darah.

“Untuk ketercukupan stok darah di sumenep, kami berupaya untuk mendatangi tempat-tempat yang dimungkinkan untuk melaksanakan donor darah seperti puskesmas puskesmas tersebar di wilayah Sumenep dan kami siap jemput bola untuk para pendonor darah. Sebab setetes darah anda, nyawa bagi sesama, ” Tukasnya.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *