Diduga PT. MBS Lakukan Ilegal Mining, Mahasiswa Kabupaten Konawe Gelar Aksi Didepan Kantor PU, Ini tuntutannya…!!!

CHIBERNEWS.COM, KONAWE, SULTRA – Konsorsium mahasiswa Kabupaten konawe kembali melakukan aksi di dinas pekerjaan umum (PU) Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam aksinya mahasiswa menuntut kepada Dinas PU untuk tidak menerbitkan izin penggunaan jalan perusahaan tambang PT MBS di Kecamatan amonggedo karena di duga melakukan ilegal mining . (01/10/2020)

Nikson aleksander selaku Jendral lapangan, dalam orasinya mengatakan, bahwa di mana terdapat perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan yakni PT MULTI BUMI SEJAHTERA yang mana di duga keras telah melelakukan ilegal mining, dan melakukan pengangkutan or nickel di luar dari titik koordinat IUP yang di miliki, bahwa izin yang di pakai adalah izin IUP produksi NO 213 PT MBS yag titik koordinatnya berada di tengah-tengah persawahan Desa matabura Kecamatan amonggedo, dengan dugaan bahwa pemuatan yang di lakukan saat ini berada di luar dari titik koordinat IUP NO 213 PT MBS, yang tertuang dalam Undang-undang No 04 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara dan UU No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Bacaan Lainnya

Selain itu Nikson Juga mengungkapkan bahwa, pengangkutan or nickel yang melintas di jalan kabupaten diduga belum memiliki izin dari dinas terkait.

Oleh karena itu dalam tuntutannya nikson meminta, kepada dinas PU Kabupaten konawe untuk tidak menerbitkan izin jalan kepada pihak PT MBS sebelum ada kejelasan terkait dugaan ilegal mining PT MBS , dan juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk menghentikan sementara aktivitas yang di lakukan oleh PT MBS , apabila poin tuntutan yang kami bawakan tidak di indahkan maka, kami akan melakukan aksi unjuk rasa dengan masa yang lebih besar lagi dan juga akan melaporkan dugaan ilegal mining tersebut di Polda Sultra. tegasnya

Sementara itu, Sekretaris Dinas PU Kabupaten Konawe, Yakni Ibu Nurjanah saat menemui mahasiswa yang sedang melakukan aksi mengatakan bahwa, pihak nya belum mengeluarkan izin terkait penggunaan jalan yang di lakukan oleh PT MBS, adapun persoalan pengangkutan yang di lakukan oleh PT MBS itu di luar dari kewenangan kami, terangnya

“sampai saat ini kami belum mengeluarkan izin penggunaan jalan terkait PT. MBS adapun masalah pengangkutan itu diluar daripada kewenangan kami. tegas nurjanah kepada peserta aksi.

Penulis: (Juharni)
Editor: (Angga.Ronanda)

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *