Bupati Kukar Divonis 10 Tahun Penjara Akibat Menerima Uang Gratifikasi Perizinan Pemkab Kukar. 110,7 miliyar Terbukti Suap Rp 6 miliyar KPK Sita 19 Mobil Mewah

Chibernews.co.id,Kukar Tenggarong–Tim KPK mengeledah kantor perumahan Citraland Samarinda milik bupati kukar di  jalan Jenderal DI Panjaitan, lalu yang kedua di Jalan KS Tubun.Jumat, 31 Mei 2024

Terlihat 2 orang tim KPK yang merupakan tim penyidik bagian dari Labuksi (Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi) datang kesamarinda, ungkap Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Samarinda, pungkas Ari Yuniarti saat dihubungi awak media, minggu (2/6/2024).

Ia juga mengatakan, sebelum ada putusan dari KPK, pemilik barang boleh menggunakan barang sitaan tersebut.

Tapi kalau sudah putusan  keluar, bisa bentuknya disita atau dimusnahkan, ucapnya.

Menyusul pertanyaan tentang penyidik KPK tadi, Ari mengungkapkan bahwa hingga saat ini proses penanganan aset tersangka masih berada dalam tahap tanpa keputusan final.

Nanti apabila sudah ada keputusan berkekuatan hukum dan tergantung bentuk keputusannya  bisa disita negara atau dimusnahkan dan bisa juga dikembalikan kepada pemiliknya kalau tidak terbukti dugaan TPPU nya, ucapnya.

Sebagai informasi, Rita Widyasari eks Bupati Kukar divonis 10 tahun penjara karena terbukti menerima uang gratifikasi perizinan Pemkab Kukar. Uang yang diterimanya 110,7 miliyar dan suap Rp 6 miliyar dari pemohon izin serta rekanan paket-paket proyek pada saat menjabat. Dari dua lokasi tersebut, tim KPK menyita 19 unit kenderaan mewah merupakan barang bukti .Dari lokasi pertama ditemukan 11 unit kenderaan mobil bermacam-macam jenis merek yang diamankan dengan rincian : 2 Unit Mercedec Benz, 1 Unit BMW, 1 Unit Hummer, 1 Unit Mini Cooper, 2 Unit Honda CR-V, 1 Toyota Vellfire, 1Unit Epander, 1 Unit Lamborghini, dan 1 Pajero Sport.

Sementara dilokasi kedua di sebuah rumah mewah dijalan KS. Tubun kenderaan yang disita sejumlah 8 Unit diantaranya, 1unit Lamborghini, 1 Unit Toyota Harrier, 2 Unit Toyota wrangler, 1 Unit Hummer H3, 1 Unit Range Rover Evoque dan 1 Sepeda motor Honda Forza.

Dan Ari memastikan belasan barang bukti sitaan KPK itu tidak dititipkan di kantor Rupbasan Samarinda lantaran kondisinya gedung  sangat tidak memadai tetapi secara administrasi tetap tercatat dari sejumlah barang sitaan maupun tentang dalam pengawasan, katanya.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *