12 Gudang Palet Kayu Dan 10 Rumah Warga D Surabaya Rata Dengan Tanah Akibat Sijago Merah Di Malam Tahun Baru

Chibernews.co.id,Surabaya— Kebakaran besar terjadi di komplek pergudangan palet Kayu di Surabaya, Diduga terjadinya kebakaran berawal dari percikan kembang api saat Malam Tahun Baru mengenai serbukan kayu yang mudah terbakar.Senin (1/1/2024) pagi.

Salah satu ketua RT di Jalan Jepara, Bubutan, Prabowo mengatakan, kebakaran di wilayahnya tersebut diketahui sekitar pukul 07.00 WIB. Ketika itu, api tiba tiba sudah mulai membesar.hingga merembek ke gudang lain

Mengetahui itu, Prabowo mengajak warga yang ada di sekitar lokasi untuk berusaha memadamkan kobaran api sehingga tidak merembek ke permukiman warga . Sedangkan, penduduk lainya menghubungi Command Center 112.

“Terbakarnya udang palet kayu menyimpan bermacam macam palet, ada palet kayu dan plastik,” kata Prabowo, ketika ditemui di sekitar lokasi kebakaran.

Prabowo mengungkapkan, kebakaran tersebut dengan cepat merembet ke sejumlah bangunan. Total ada 12 gudang palet, 10 rumah warga, serta satu mushala habis terbakar.

Lebih lanjut, kata dia, diduga kebakaran tersebut disebabkan oleh kembang api yang dinyalakan warga kampung lain, ketika merayakan pergantian Tahun Baru 2024 semalam.

“Saat Malam Tahun Baru semuanya petasan warga di kampung seberang mengarah ke lahan sini (RT 14 RW 02),” jelasnya.

Oleh karena itu, warga menduga percikan kembang api mengenai gudang palet yang menyimpan bahan mudah terbakar. Lalu, kebakaran dengan cepat merambat ke bangunan lain.

“Diduga ada cipratan petasan yang mengenai atau turun di gudang serbuk palet triplek. Ya itu, seringnya diarakan ke arah sini, dar dor dar dor, setiap tahun,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya, Dedik Irianto mengatakan, petugas bisa memadamkan api tersebut, sekitar pukul 10.00 WIB.di bantu warga setempat

“Kebakaran terjadi, 25 mobil PMK serta lima mobil tangki air kami kerahkan sejak menerima laporan kebakaran pukul 08.00 pagi tadi,” kata Dedik.

Dedik mengungkapkan, api mudah membesar hingga ke bangunan lainya karena banyak barang mudah terbakar. Hal tersebut menyulitkan petugas yang berusaha memadamkan api.

“Dikarenakan adanya bahan bahan yang mudah terbakar, antara lain palet plastik, palet kayu, dan juga mesin mesin di lokasi kebakaran,” jelasnya.

Kebakaran, kata Dedik, diduga disebabkan oleh percikan kembang api saat Malam Tahun Baru. Akan tetapi, hal tersebut baru bisa dibuktikan setelah dilakukan proses penyelidikan.

“Dugaan awal, penyebabnya adalah percikan petasan Malam Tahun Baru. Namun demikian kita tunggu kepastiannya dari tim Inafis Polrestabes Surabaya,” tutupnya.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *